Cara Membuat Kartu Flazz BCA untuk Bayar Tol

Cara Membuat Kartu Flazz BCA untuk Bayar Tol

BukaBank.com – Seperti yang sudah diumumkan secara resmi oleh pihak Bank Indonesia (BI) melalui laman websitenya bahwa mulai 31 Oktober 2017 mendatang pembayaran tol di seluruh Indonesia wajib menggunakan e-toll. Meskipun sebenarnya pembayaran non-tunai di gerbang tol bukanlah hal yang baru karena sebelumnya di beberapa tol sudah menggunakan sistem seperti ini. Dengan menerapkan sistem pembayaran cashless atau non-tunai menggunakan kartu e-money dapat menanggulangi antrian panjang di gerbang tol karena Anda tidak perlu lagi menyiapkan uang tunai. Melalui artikel ini akan dibahas cara membuat kartu Flazz BCA untuk bayar Tol. Tentu ini menjadi kabar gembira bagi pemiliki e-money dari BCA karena saat ini bisa digunakan untuk pembayaran tol.

Advertisement

Cara Membuat Kartu Flazz BCA untuk Bayar Tol Otomatis

Jika sebelumnya e-money dari BCA tidak bisa digunakan untuk menembus tol dengan pembayaran non-tunai dikarenakan BCA bukan termasuk bank milik pemerintah Indonesia. Namun PT Bank Central Asia saat ini mengaku telah mempersiapkan pelayanan untuk transaksi elektronik di gerbang tol. Hal ini disampaikan sendiri oleh Jan Hendra selaku sekretaris perusahaan BCA bahwa pembayaran tol bisa menggunakan Flazz BCA (bentuk e-money dari BCA).

Cara Membuat Kartu Flazz BCA untuk Bayar Tol Otomatis

Pengembangan program tersebut dari BCA diakui sebagai bentuk dukungan terhadap upaya pemerintah untuk meningkatkan efisiensi pembayaran di gerbang tol. Hal ini juga diperkuat dari informasi bahwa BCA telah menyiapkan lebih dari 10-11 juta kartu Flazz BCA sebagai e-toll.

Menariknya dilansir dari laman twitter @goodlifebca bahwa Anda tidak akan dikenakan biaya pembelian kartu Flazz dengan kata lain gratis. Cara membuat kartu Flazz BCA untuk bayar Tol ini cukup mudah, Anda hanya perlu mendatangi kantor cabang BCA untuk membeli kartu. Anda akan diminta membayar top-up minimal sebesar 50 ribu rupiah dan secara otomatis menjadi saldo kartu Flazz Anda tanpa potongan biaya. Saldo maksimal top up dalam kartu yaitu 1 juta rupiah. Syarat pembuatan kartu Flazz cukup menyediakan identitas dan rekening BCA.

Nah, baca dulu jika belum punya, Syarat dan Cara Buka Rekening BCA Terbaru.

Untuk melakukan isi ulang atau top up tidak hanya bisa Anda lakukan di ATM, namun juga bisa dilakukan di great minimarket seperti indomaret atau alfamart.

Cara Isi Ulang Saldo Kartu Flazz BCA

Selain itu, Anda juga melakukan top up sendiri dengan mesin EDC yang tersedia dengan cara berikut ini:

  1. Letakkan kartu Flazz BCA Anda pada layar EDC tujuannya untuk mengecek sisa saldo.
  2. Kemudian tekan enter selama 4 kali untuk masuk ke menu top up non-tunai.
  3. Selanjutnya gesekkan kartu PASPOR dan kemudian tekan enter.
  4. Masukkan nominal Top Up, lalu enter dan Anda akan diminta untuk konfirmasi ulang dengan tombol enter.
  5. Kemudian masukkan PIN dari kartu paspor dan diakhiri dengan enter.
  6. Untuk mengkonfirmasi top up, masukkan kartu Flazz ke mesin EDC dan tunggu sampai muncul bunyi klik. Lalu tekan enter untuk melakukan konfirmasi top up.
  7. Tunggu beberapa saat hingga muncul informasi untuk mengambil kartu Anda, “Silahkan ambil kartu Flazz Anda”.
  8. Cek kembali saldo Anda melalui layar jika proses top up sudah selesai. Tujuannya untuk memastikan bahwa top up Anda berhasil.

Nah, itulah cara membuat kartu Flazz BCA untuk bayar tol yang mudah dan bisa Anda gunakan untuk melakukan pembayaran tol secara non-tunai seperti yang sudah diwajibkan oleh pemerintah. Semoga bermanfaat!.