Cara Cek Saldo E-Money dengan HP Android dengan Mudah

Cara Cek Saldo E-Money dengan HP Android dengan Mudah

BukaBank.comCara cek saldo e-money dengan HP Android. E-money merupakan alat pembayaran non-tunai yang dikembangkan oleh Bank Mandiri yang berfungsi sebagai alat transaksi pengganti uang. Memiliki e-money memungkinkan Anda untuk berbelanja di tempat-tempat yang menyediakan pembayaran  nontunai lebih mudah dan praktis seperti di Indomaret, Alfamart dan masih banyak lainnya. Tidak hanya untuk berbelanja saja, e-money dapat digunakan untuk pengganti tiket Commuter Line, pembayaran transjakarta dan juga bayar tol. Tentu dengan memiliki e-money sama saja Anda sudah memiliki e-toll yang saat ini sudah menjadi kewajiban pengguna jalan tol untuk membayar secara non-tunai.

Advertisement

Melakukan top-up atau isi ulang pun tidak harus dilakukan melalui bank melainkan bisa Anda beli di tempat-tempat tertentu dengan saldo maksimal 1 juta rupiah. Bahkan untuk melakukan pengecekan saldo saat ini tidak perlu lagi datang ke ATM karena bisa dilakukan via Android. Melalui artikel ini Kami akan memberikan beberapa cara cek saldo e-money dengan HP Android.

Cara Cek Saldo E-Money dengan HP Android dengan NFC

Perlu menjadi catatan bahwa cara ini hanya bisa digunakan bagi pemilik ponsel yang sudah didukung teknologi NFC (Near Field Communication). Dengan fitur ini Anda bisa mendapatkan informasi saldo di e-money milik Anda secara langsung dan sangat praktis tanpa harus ke ATM.

Cara Cek Saldo E-Money dengan HP Android dengan NFC

Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, cek terlebih dahulu apakah ponsel Anda mendukung fitur NFC. Jika iya, lanjutkan untuk mengunduh aplikasi NFC yang tersedia secara gratis di Google Play Store. Lalu instal aplikasi tersebut. Jangan lupa untuk mengaktifkan fitur NFC pada ponsel.
  2. Jika aplikasi sudah terinstal, maka secara otomatis sudah  mengaktifkan fitur aplikasi NFC di ponsel Anda.
  3. Untuk melakukan cek saldo e-money, cukup dengan menempelkan kartu e-money Anda pada belakang casing ponsel. Secara otomatis aplikasi tersebut akan mendeteksi chip yang ada di kartu Anda dan akan menampilkan nominal saldo di layar ponsel.
  4. Tidak hanya berguna untuk mengecek saldo saja, Anda bisa menggunakan layanan untuk mencari lokasi terdekat untuk melakukan isi ulang atau top-up.
Cara Cek Saldo e-toll Mandiri dengan Aplikasi Android

(Sumber: http://www.bankmandiri.co.id/article/eMoneyInfo.aspx)

Catatan: Untuk pengguna ponsel Blackberry OS 10 perlu mengaktifkan aplikasi Mandiri e-money terlebih dahulu di ponsel.

Cara Cek Saldo E-Money Tanpa NFC via Internet Banking

Jangan khawatir jika ponsel Anda tidak memiliki dukungan teknologi NFC, karena cek saldo e-money juga bisa dilakukan via Internet Banking melalui ponsel Android Anda.

Cara ini sangat praktis digunakan untuk mengecek saldo e-toll Anda. Berikut langkah-langkahnya:

  1.  Masuklah ke aplikasi browser di Android Anda dan kunjungi situs Mandiri Internet Banking di https://ib.bankmandiri.co.id
  2. Kemudian Anda akan diminta Login dengan memasukkan user ID dan password Anda.
  3. Setelah masuk ke akun Anda, pilih menu Uang Elektronik dan pilih opsi Mandiri E-Money. Kemudian pilih Informasi Saldo.
  4. Masukkan 16 digit kode nomor kartu e-toll Anda yang Anda gunakan pada e-money, kemudian jika sudah tap kirim.
  5. Tunggu hingga proses selesai, kemudian akan muncul saldo e-toll Anda beserta riwayat transaksi.

Artikel merupakan kelanjutan dari halaman Cara Cek Saldo Kartu E-Toll Card Via SMS Belum Bisa? Pakai NFC Dulu.

Perlu diketahui bahwa melakukan pengecekan saldo melalui ponsel Android tidak gratis alias dikenakan biaya sebesar seribu rupiah sebagai administrasi. Jika Anda tidak ingin dikenakan biaya tersebut, bisa melakukan pengecekan saldo di ATM terdekat saja. Nah, itulah 2 cara cek saldo e-money dengan HP Android.