Kartu ATM Keblokir? Pakai Cara Ini Untuk Mengatasi ATM Terblokir

Kartu ATM Keblokir? Pakai Cara Ini Untuk Mengatasi ATM Terblokir

BukaBank.com –  Kartu ATM keblokir, jangan takut dan tidak perlu khawatir. Kartu ATM sudah bukan hal yang asing di kalangan masyarakat sebagai sarana bertransaksi uang dengan mudah karena Anda tidak perlu repot-repot ke bank hanya untuk sekedar mengambil sedikit uang atau transfer. Karena bank-bank di Indonesia sudah memberikan fasilitas ATM untuk memudahkan nasabahnya. Apalagi didukung dengan banyaknya ATM yang tersebar di berbagai wilayah.

Advertisement

Namun, beberapa pengguna kartu ATM pernah mengalami insiden kartu ATM yang terblokir, bisa karena sengaja maupun tidak sengaja. Kondisi ini sering terjadi karena pengguna salah memasukkan Personal Identification Number (PIN) yang biasanya dibatasi maksimal 3 kali kesalahan. Terlepas dari apapun penyebabnya, lalu bagaimana cara mengatasi kartu ATM yang terblokir? Simak ulasan lengkap berikut ini tentang kasus ATM keblokir.

2 Kondisi Untuk Mengatasi Kartu ATM Terblokir

Cara Mengatasi Kartu ATM Keblokir Sendiri dengan Mudah Aman dan Cepat

Ada dua kondisi pada kasus ATM terblokir, yang pertama adalah Anda sebenarnya masih mengingat PIN kartu ATM yang terblokir hanya saja salah pada saat memasukkannya sehingga mengakibatkan terblokir dan yang kedua karena memang lupa nomor PIN kartu ATM Anda. Dari kedua kondisi tersebut membutuhkan penanganan yang berbeda.

Kartu ATM Keblokir, Tapi Masih Ingat PIN

Untuk kasus ini sebenarnya Anda bisa langsung menghubungi call center bank yang Anda gunakan untuk mengaktifkan kembali kartu ATM Anda. Hanya saja Anda harus memastikan bahwa memang benar – benar mengingat PIN Anda karena call center tidak berperan untuk memberikan nomor PIN Anda. Berikut langkah – langkah yang bisa Anda ikuti:

  1. Sebelum memutuskan untuk menelepon call center bank terkait, siapkan dulu data diri Anda seperti buku tabungan, nomor rekening dan nomor kartu ATM yang terblokir. Karena pihak bank membutuhkan data ini sebagai syarat untuk membuka data yang terverifikasi di dalam sistem bank. Data diri ini penting untuk membuktikan bahwa Anda benar – benar berhak atas ATM yang terblokir tersebut.
  2. Jika semua data sudah disiapkan, hubungi nomor telepon call center sesuai dengan bank yang Anda gunakan dan pastikan bahwa nomor tersebut memang nomor call center untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan.
  3. Mungkin pada percakapan pertama pihak call center akan menanyai dan mendengarkan keluhan dan masalah yang Anda sampaikan. Kemudia akan memverifikasi dan mencocokkan data pada sistem dengan data diri Anda. Biasanya hanya membutuhkan beberapa menit saja dan tidak terlalu lama jika data yang Anda sampaikan memang benar.
  4. Customer service akan menanyakan apakah Anda mengingat pin ATM atau tidak. Karena hanya bisa diaktifkan kembali melalui sambungan telepon jika pengguna masih mengingat nomor pin-nya. Karena jika tidak mengingat maka Anda akan diminta untuk dating ke bank. Perlu diingat bahwa Anda tidak perlu meyebutkan nomor pin Anda kepada CS.
  5. Tunggu beberapa saat hingga proses pengaktifan kembali sudah berhasil. Kartu ATM yang sudah dibuka blokirnya, umunya bisa digunakan kembali pada hari yang sama atau hanya menunggu 1 jam saja.

Catatan Khusus:

Cara ini tidak berlaku untuk kartu ATM bank BRI. Baik masih mengingat pin maupun tidak mengingat pin, Anda harus mendatangi Bank BRI untuk membuka blokir kartu ATM Anda dan pada prosesnya dikenakan biaya Rp 5.000 serta wajib membawa identitas diri sesuai dengan data pada sistem Bank BRI untuk verifikasi.

Nomor Telepon Bank Call Center Saat ATM Keblokir

Berikut ini daftar call center bank yang bisa dihubungi untuk mengatasi keluhan ATM keblokir:

  • Bank Mandiri

Ada dua nomor call center yang bisa dihubungi: 14000 atu (021) 5299-7777. Anda bisa memanfaatkan layanan buka blokir kartu ATM atau meminta pengiriman ulang PIN yang baru jika Anda mengalami lupa saat mengganti PIN. Namun, untuk permintaan pengiriman PIN menggunakan layanan Mandiri SMS.

  • BNI

Call center number: 500046 atau (021) 500046 atau (021) 68888. Layanan buka blokir kartu ATM via telepon hanya berlaku untuk yang masih mengingat nomor PIN saja.

  • BCA

Call center number: Halo BCA di nomor 1500888 atau (021) 235-88000 untuk kator pusat BCA.

  • Bank CIMB Niaga

Call center number: 14041.

Kartu ATM Terblokir, Tapi Tidak Ingat PIN

Pada kasus dimana Anda tidak mengingat PIN kartu ATM yang terblokir, maka Anda tidak bisa menggunakan cara diatas. Untuk mengatasi ini, Anda harus datang langsung ke bank untuk membuka kartu ATM yang terblokir. Beberapa hal berikut ini harus Anda perhatikan sebelum datang langsung ke bank:

  • Membawa identitas resmi seperti KTP yang masih berlaku, buku tabungan dan kartu ATM yang terblokir.
  • Beberapa bank tidak memberikan akses mudah untuk membuka ATM yang terblokir. Dimana Anda akan ditanya – Tanya detail terkait rekening Anda, seperti identitas sesuai dengan data pada sistem, nama ibu kandung, 3 transaksi terakhir, saldo terakhir dan lainnya. Ini untuk benar-benar meastikan bahwa Anda memang pemilik kartu ATM. Sehingga Anda harus memastikan mengingat hal-hal tersebut sebelum datang ke bank. Namun, pada beberapa Bank masih memberikan akses mudah bagi nasabahnya untuk mengurus ATM yang terblokir.
  • Biasanya bank akan memberikan tagihan biaya pembukaan blokir minimal sebesar Rp 5.000 tergantung dari ketentuan dari bank itu sendiri.

Lihat Juga:

Itulah dua cara untuk mengatasi keluhan ATM keblokir sesuai dengan kondisi atau kasusnya. Sebaiknya, untuk mencegah hal seperti ini, Anda bisa mengakali dengan mencatat nomor pin Anda pada tempat yang hanya Anda yang tau untuk menghindari kelupaan PIN daripada harus repot-repot datang ke Bank.