Home » BCA » Cara dan Syarat Membuat Rekening Bank BCA, Mudah dan Aman

Cara dan Syarat Membuat Rekening Bank BCA, Mudah dan Aman

BukaBank.com – Jaman sekarang, bank tak hanya berfungsi sebagai tempat simpan pinjam uang saja. Berbagai transaksi bisa Anda lakukan melalui berbagai layanan bank yang ada di Indonesia, misalnya beli pulsa, bayar tagihan bulanan listrik, air hingga transfer uang ke rekening lain. Di sekitar kita, banyak sekali pilihan bank yang sama-sama aman untuk digunakan atau dimanfaatkan. Salah satu yang banyak digunakan yaitu bank BCA. Lantas, bagaimana cara dan syarat membuat rekening Bank BCA?

Advertisement

Cara, Biaya Dan Syarat Membuat Rekening Bank BCA Terbaru

Cara Biaya Admin Syarat Membuat Rekening Bank BCA Terbaru

Dari tahun ke tahun, perubahan tentang cara dan syarat buat rekening bank  BCA terkadang dapat terjadi. Sebelum diberlakukannya e-ktp, syarat untuk bisa membuka rekening di bank ini yaitu menggunakan ktp, uang minimal Rp 500.000,- serta uang biaya untuk materai Rp 6.000,-. Namun setelah diberlakukan e-ktp,  Anda harus membawa e-ktp yang dimiliki tersebut. sedangkan untuk uang setoran minimal dan uang biaya materai tetap sama. Yang perlu diingat, peraturan antara kantor cabang yang satu dengan lainnya terkadang sedikit berbeda. Misalnya, ada kantor cabang yang menolak untuk membuatkan atau memberikan pelayanan buka rekening jika di ktp menyantumkan daerah lain. Namun ada juga kantor cabang yang lebih fleksibel dan menerima untuk memberikan pelayanan.

Setelah tiga syarat membuat rekening tabungan BCA (e-ktp, uang setoran awal sebesar Rp 500.000,- dan uang biaya materai Rp 6.000,-) sudah terpenuhi, Anda bisa langsung datang ke kantor cabang BCA terdekat dan ambil nomor antrian untuk layanan CS (Customer Service). Jika nomor antrian sudah terpanggil, Anda akan diberikan informasi tentang tipe tabungan yang bisa dipilih. Tipe tabungan yang paling populer yaitu TAHAPAN.

Biaya Admin Bank BCA Terbaru

Berikut biaya administrasi pada tipe TAHAPAN tersebut:

  • Setoran awal minimal sebesar Rp 500.000,-
  • Setoran menabung selanjutnya minimal sebesar Rp 50.000,-
  • Saldo minimun ditahan sebesar Rp 10.000,-
  • Biaya penggantian buka karena rusak sebesar Rp 5.000,-
  • Biaya cetak mutasi GTU sebesar Rp 5.000,-
  • Biaya penutupan rekening sebesar Rp 5.000,-.

Biaya administrasi biasanya ditentukan dari layanan fasilitas paspor BCA (kartu ATM) yang menjadi pilihan Anda. Bank ini menyediakan tiga pilihan, yaitu silver, gold dan platinum.

Jenis dan Biaya 3 Jenis Paspor BCA

ATM BCA Silver

Jenis ini memiliki biaya administrasi bulanan sebesar Rp 15.000,-. Untuk pembuatan baru, akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000,-. Paspor Silver hanya bisa menarik uang di ATM maksimal Rp 7 juta dalam sehari. Sedangkan untuk transfer, maksimal bisa mencapai Rp 25 juta.

Kartu BCA Gold

Paspor Gold memiliki biaya administrasi bulanan sebesar Rp 17.000,- dan biaya untuk pembuatan baru akan dikenakan biaya sebesar Rp 15.000,-. Jika Anda menggunakan jenis paspor Gold, dalam sehari bisa menarik uang di ATM maksimal Rp 10 juta dan transfer maksimal Rp 50 juta.

ATM BCA Platinum

Untuk jenis platinum, akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 20.000,- dan untuk pembuatan baru akan dikenakan biaya sebesar  Rp 20.000,-. Jika menggunakan paspor jenis ini, Anda bisa menarik uang dari ATM maksimal Rp 10 juta dalam sehari dan melakukan transfer lebih dari Rp 100 juta dalam sehari.

Setelah memilih paspor sesuai keinginan, pihak CS akan memberikan formulir sebagai syarat membuat rekening BCA yang wajib Anda isi. Setelah selesai mengisi, kemudian Anda akan dipersilahkan untuk tanda tangan pada buku tabungan dan paspor BCA. Proses pembuatan tabungan BCA pun telah selesai. Setelahnya, Anda akan dipersilahkan untuk menuju teller guna melakukan setoran awal sebesar Rp 500.000,- . Sebagai informasi, paspor BCA biasanya baru bisa aktif selang sehari setelah melakukan buka rekening BCA. Anda akan diminta untuk mengganti pin dan untuk mencobanya, bisa dengan cek saldo.

Tambahan: Bawa pula kartu identitas selain KTP atau eKTP, misalnya SIM dan/atau Kartu Keluarga (KK) sebagai cadangan jika diperlukan!

Demikianlah penjelasan singkat mengenai cara dan syarat buka rekening bank BCA yang bisa kami sampaikan. Sebenarnya, saat membuka rekening BCA tadi, Anda juga akan dijeaskan tentang penggunaan M-Banking atau I-Banking. Keduanya sama-sama berguna untuk mempermudah dan mempercepat proses transaksai Anda, karena tak perlu repot-repot ke mesin ATM atau bank untuk melakukan transaksi. Hanya dengan menggunakan smartphone atau internet, semua urusan sudah beres.

Tinggalkan komentar