Home » E-Toll » Cara Cek Saldo Kartu E-Toll Card Via SMS Belum Bisa? Pakai NFC Dulu.

Cara Cek Saldo Kartu E-Toll Card Via SMS Belum Bisa? Pakai NFC Dulu.

BukaBank.com – Kartu e-toll atau e-toll card merupakan kartu yang digunakan sebagai alat transaksi pembayaran tol. Kartu yang sudah diterbitkan sejak tahun 2009 ini nantinya juga bisa digunakan untuk transaksi di luar gerbang tol. Kartu e-toll sendiri merupakan kartu prabayar pintar dan nirsentuh, hasil kerjasama antara Bank Mandiri dengan pihak Operator Tol. Untuk sekarang, beberapa pihak sudah digandeng oleh operator tol untuk bekerjasama. Pihak-pihak tersebut yaitu Jasa Marga, Marga Mandala Sakti, Jalan tol Lingkar Luar Jakarta (JLJ) dan Cipta Marga Nusaphala Persada.

Advertisement

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai beberapa informasi mengenai e-toll card tersebut, diantaranya perihal fitur, manfaat yang bisa diambil dari penggunaan e-toll card, masa berlaku hingga kadaluarsa, cara isi ulang serta cara cek saldo kartu e-toll card via sms atau dengan cara lain.

Cara Cek Saldo Kartu E-Toll Card Via SMS di HP, sudah bisakah?

Cara Cek Saldo Kartu E-Toll Card Via SMS Tidak Bisa, Pakai NFC Saja

Hingga artikel ini dibuat, belum tersedia tutorial resmi untuk mengecek saldo e-toll ataupun e-money dari Bank Mandiri. Namun demikian, anda bisa memanfaatkan fitur NFC yang mungkin tersedia di smartphone anda. Anda harus download aplikasi e-Money dari Play Store atau App Store untuk Android serta iOS.

Fitur E-Toll

E-toll card memiliki fungsi sebagai pengganti uang cash saat membayar atau melakukan transaksi pembayaran di tol. Saldo yang ada di kartu e-toll dapat diisi ulang. Sebagai informasi, saldo maskimal yang ada di kartu e-toll yaitu sebesar Rp 1.000.000,- dan saldo minimalnya adalah sebesar Rp 10.000,-.

Manfaat Kartu e-Toll

Saat melakukan transaksi pembayaran di gerbang tol, Anda memang sudah diharuskan untuk menggunakan kartu e-toll. Dengan menggunakan kartu ini, Anda akan mendapatkan beberapa manfaat, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Kartu bisa digunakan sebagai uang tunai, sehingga tak perlu bingung harus menyiapkan uang saat masuk-keluar tol.
  2. Proses transaksi pembayraan yang dilakukan di gerbang tol akan lebih ringkas dan cepat jika dibandingkan dengan menggunakan uang cash.
  3. Selain untuk transaksi di gerbang tol, kartu e-toll juga bisa digunakan untuk transaksi di luar merchant tol seperti Indomert, SPBU dan bebeapa merchant F&B.

Masa Berlaku E-Toll Card

Hingga saat ini, diketahui jika e-toll belum ada masa berlakunya. Akan tetapi, jika kartu tersebut tak digunakan untuk transaksi isi ulang atau pembayaran dalam janga waktu 12 bulan atau 1 tahun, maka pengguna atau orang yang memiliki kartu tersebut harus membayar biaya administrasi sebesar Rp 10.000,- atau sesuai dengan ketentuan yang berlaku, saat melakukan pengaktifan kembali. Walau demikian, kartu tersebut tetap masih bisa digunakan.

Cara Isi Ulang E-Toll

Pemegang kartu e-toll dapat melakukan top up atau isi ulang e-Toll card di EDC Mandiri Prabayar, e-Banking (Mandiri SMS, Mandiri ATM dan Mandiri Internet) atau bisa juga secara tunai di cabang bank Mandiri serta seluruh outlet Indomaret. Jika Anda melakukan top up melalui e-Banking, maka Anda diharuskan untuk melakukan proses Update Saldo di EDC Mandiri Prabayar, kecuali jika Anda melakukannya di ATM Non Tunai yang sudah dilengkapi dengan reader. Jika begitu, Anda bisa langsung melakukan update saldo kartu.

Silakan baca: Cara Mengisi Ulang Saldo Kartu E-Toll Card Top-Up

Cek Saldo E-Toll

Untuk cara cek saldo kartu e-toll card Anda tak perlu menjadi nasabah bank Mandiri terlebih dahulu. Selain itu, Anda juga tak perlu menjadi user Mandiri e-banking. Sedangkan untuk melakukan transaksi isi ulang atau top up, maka Anda diharuskan memiliki rekening tabungan atau giro bank Mandiri. Anda juga harus sudah terdaftar sebagai user Mandiri SMS dengan kode layanan yaitu SMS01. Selengkapnya bisa dibaca pada artikel Cara Isi Ulang Saldo e-Toll via SMS.

Cara Cek Saldo Kartu E-Toll Card Via SMS di HP

Selain cara cek saldo kartu e-toll card via sms, Anda juga bisa melakukan cek saldo di mesin EDC dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Pilih menu “Prepaid” kemudian pilih menu “Update Saldo”.
  2. Kemudian letakkan kartu Mandiri Prabayar Anda di “mesin reader”. Secara otomatis sistem akan menambahkan saldo di kartu Mandiri Prabayar Anda.

Untuk melakukan cek saldo, selain cara cek saldo kartu e-toll card via sms yang belum tersedia, ada beberapa lokasi yang juga bisa Anda gunakan. Berikut daftarnya:

  1. Seluruh kantor cabang Bank Mandiri di daerah Jabodetabek serta cabang bank Mandiri tertentu diluar daerah Jabodetabek.
  2. Seluruh outlet Indomaret.
  3. Self Service Terminal (SST) Mandiri Prabayar isi ulang.
  4. Beberapa kantor perator yang ditunjuk.
  5. Beberapa SPBU Pertamina yang sudah bekerjasama.
  6. Alfamidi/Alfaexpress yang ada di Jabodetabek.

Itulah informasi mengenai apa yang dimaksud dengan e-Toll card, fitur, manfaat serta cara cek saldo kartu e-toll card. Semoga artikel ini dapat membantu Anda.

Kini sudah bisa, Cara Bikin E-Toll Card di Alfamart Terdekat (atau Indomaret).

Tinggalkan komentar