Cara Menggunakan Kartu E-Toll Card di GTO yang Aman

Cara Menggunakan Kartu E-Toll Card di GTO yang Aman

BukaBank.com — Keberadaan E-Toll Card sangat membantu dan memudahkan para pengguna jalan tol maupun petugasnya. Pasalnya, dengan menggunakan kartu tol otomatis tersebut, petugas tidak perlu repot lagi dalam menarik uang dan memberikan kembalian. Selain itu, penggunaan Kartu E-Toll akan mengurangi antrian pada gerbang tol. Saat ini beberapa gerbang tol telah menggunakan fasilitas Gardu Tol Otomatis (GTO) jadi tidak akan ada petugas yang menarik pembayaran tunai atau manual. Akan tetapi, beberapa orang masih belum memahami cara menggunakan kartu E-Toll Card di GTO, sehingga terkadang menimbulkan kemacetan juga.

Advertisement

Cara Menggunakan Kartu E-Toll Card di GTO dengan Cepat

Cara Menggunakan Kartu E-Toll Card di GTO yang Aman dan Mudah

Cara pembayaran tol di GTO sangat mudah dan praktis yang bisa dilakukan oleh siapapun yang memiliki E-Toll Card. Selain E-Toll Card, kita juga dapat menggnakan e-money lainnya seperti E_Money Mandiri, GazCard, Indomaret Card, BNI TapCash, BTN Blink, BCA Flazz dan Brizzi.

Baca juga bagaimana Cara Mudah Membuat & Top-Up Saldo E-Toll di AlfaMart jika belum tahu…

Adapun langkah-langkah cara menempelkan e-toll / e-money ke alat di gerbang tol otomatis tanpa penjaga adalah sebagai berikut.

  1. Pertama-tama Anda harus memastikan bahwa nominal saldo yang ada pada E-Toll Card masih ada dan cukup untuk melakukan pembayaran.
  2. Setelah tiba di GTO, akan ada mesin pembaca E-Toll Card yang digunakan untuk membuka gerbang.
  3. Tempelkan kartu E-Toll Card pada area di mesin tersebut yang terdapat tulisan Tempel Disini. Tunggulah beberapa saat untuk mesin melakukan pemrosesan pada E-Toll Card.
  4. Setelah itu, akan muncul nominal pembayaran jalan tol yang akan digunakan sampai pada gerbang berikutnya dan jika nominal pada kartu cukup untuk membayar maka pintu gerbang tol akan terbuka. Apabila uang di dalam karrtu tidak mencukupi, maka pengguna harus membayar tol pada gerbang non GTO menggunakan uang tunai.
  5. Selanjutnya tarik kembali E-Toll Card dari mesin setelah gerbang tol terbuka.
  6. Kemudian, pada pintu keluar tol serahkan E-Toll Card pada petugas untuk melakukan pembayaran penggunaan jalan tol.
  7. Ambil kembali E-Toll Card setelah melakukan transaksi.

Nah, itulah tadi informasi seputar cara menggunakan kartu E-Toll Card di GTO yang mudah, praktis dan tentunya aman. Semoga informasi yang saya berikan akan membantu mengurangi kebingungan Anda dalam cara pakai  kartu EToll Card di GTO tanpa orang yang menjaganya.