Home » E-Toll » Cara Mendapatkan Kartu E-Toll Card Baru Lengkap Semua Jenis Bank

Cara Mendapatkan Kartu E-Toll Card Baru Lengkap Semua Jenis Bank

BukaBank.comE-Money menjadi uang elektronik yang sangat praktis dan efektif digunakan dalam melakukan transaksi, salah satunya yaitu pembayaran toll secara elektronik atau yang disebut dengan E-Toll. Pembayaran menggunakan E-Toll akan membantu mengurangi antrian yang panjang di gerbang toll. Seperti yang kita tahu bahwasannya mulai Oktober 2017 lalu, pembayaran di toll wajib menggunakan alat ini. Jadi buat yang belum memilikinya wajib untuk membuat E-Toll Card. Nah, Anda tidak perlu khawatir karna cara mendapatkan kartu E-Toll Card baru sangat mudah dan praktis.

Advertisement

Cara Mendapatkan Kartu E-Toll Card Baru Lengkap

Cara Mendapatkan Kartu E-Toll Card Baru Lengkap Semua Jenis Bank

Apakah Setiap E-Money Dapat Digunakan Sebagai E-Toll Card?

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua e-money yang disediakan oleh setiap bank dapat digunakan untuk melakukan pembayaran toll.

Berikut ini adalah beberapa e-money yang dapat digunakan sebagai E-Toll:

  1. E-Toll Card BPJT, merupakan e-money yang khusus digunakan untuk melakukan pembayaran toll yang diterbitkan oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).
  2. Mandiri E-Money, merupakan e-money yang diterbitkan oleh Bank Mandiri.
  3. BRI Brizzi, merupakan e-money yang diterbutkan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI).
  4. BNI Tapcash, merupakan e-money yang diterbitkan oleh Bank Negara Indonesia (BNI).
  5. BTN Link, merupakan e-money yang diterbitkan oleh Bank Tabungan Negara (BTN).
  6. BCA Flazz, merupakan e-money yang diterbitkan oleh Bank Central Asia (BCA).
  7. E-Toll Card Mandiri, merupakan e-money yang diterbitkan oleh Bank Mandiri yang bekerjasama dengan pihak operator toll seperti Jasa Marga, Marga Mandala Sakti, Cipta Marga Nusaphala Persada dan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta.
  8. Gaz Card, merupakan e-money yang diterbitkan oleh Bank Mandiri yang bekerjasama dengan Pertamina dimana kartu ini dikeluarkan dengan tujuan untuk pembelian BBM yang dilakukan di SPBU Pertamnina. Kan tetapi, kartu ini juga dapat digunakan untuk transaksi lain seperti pembayaran toll.
  9. Indomaret Card, merupakan e-money yang diterbitkan oleh Bank Mandiri yang bekerjasama dengan PT Indomarco Prismatama (Indomaret).

Bagaimana Cara Mendapatkan E-Toll Card Baru?

Cara mendapatkan kartu E-Toll card baru sangatlah mudah dan praktis. Anda cukup mengunjungi kantor bank penerbit e-money atau kentor lain yang menyediakan kartu e-toll seperti yang sudah saya sebutkan di atas. Tidak ada syarat dan ketentuan dalam pembelian, jadi tidak perlu khawatir tidak bisa membeli. Bahkan meskipun Anda bukan nasabah dari bank tersebut tetap bisa membeli E-Toll. E-Toll dijual dengan harga yang murah yaitu sekitar Rp 20.000,- dan itu hanya untuk pembelian kartunya belum isinya.

Bagaimana Cara Mendapatkan E-Toll Card Baru

Berikut ini adalah tempat mendapatkan E-Toll Card baru:

1. Bank Penerbit E-Money

Di Indonesia, bank penerbit e-money yang dapat digunakan untuk membayar tol yaitu Bank Mandiri, BRI, BNI, BTN dan BCA. Jadi Anda cukup datang langsung ke kantornya dan menuju ke bagian Customes Service. Pada saat pertama kali mendapatkan E-Toll Card, pengguna harus mengisinya dengan nominal minimal Rp 100.000,-.

2. Kantor Gerbang Operator Tol

Kantor gerbang operator tol juga menyediakan jasa pembelian E-Toll Card baru. Anda cukup langsung datang dan tanyakan saja pada petugasnya. Informasi gerbang operator tol yang menyediakan E-Toll Card yaitu Kantor gerbang Cililitan, Halim, Kapuk, cengkareng, Sunter, Serang Timur, Merak, Cilegon Timur, Cilegon Barat dan beberapa gerbang tol lain di seluruh Indonesia.

3. Minimarket

Pembelian E-Toll Card juga dapat dilakukan di beberapa minimarket yang tersebar luas di Indonesia seperti Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Lawson, Superindo, 7-Eleven, Hypermart maupun Circle K. Untuk memiliki Indomaret Card Anda perlu membayar senilai Rp 25.000,-. Saldo minimal yang harus diisi pada saat pertama kali menggunakan kartu Indomaret yaitu Rp 50.000,-.

4. Gerbang Tol

Selain di kantor gerbang opertaor tol, Anda juga dapat membeli E-Toll card di gerbang tol. Biasanya, petugas akan menawarkan E-Toll Card sambil pengendara menunggu antrian pembayaran tol.

Bagaimana Jika Saldo E-Toll Card Habis?

Anda tidak perlu khawatir jika saldo pada E-Toll Card habis, karena saat ini telah tersedia beberapa outlet untuk melakukan isi ulang saldo.

Bagaimana Jika Saldo E-Toll Card Habis

Berikut ini rinciannya:

1. Bank Penerbit E-Money

Setiap bank yang menerbitkan e-money dilengkapi dengan fasilitas isi ulang saldo E-Toll. Pembelian saldo di kantor bank penerbit tidak dipungut biaya administrasi.

2. Minimarket

Selain menyediakan pembelian E-Toll Card, beberapa minimarket juga melayani isi ulang atau top up E-Toll Card. Minimarket yang menawarkan fasilitas tersebut meliputi Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Lawson dan Circle K.

3. ATM

ATM juga merupakan salah satu fasilitas publik yang menyediakan isi ulang E-Toll Card maupun e-money lainnya. ATM yang dapat digunakan hanya yang memiliki logo e-money. Jika Anda melakukan top up di ATM yang berbeda dengan e-money yang digunakan maka akan dikenakan biaya administrasi. Cara mengisi saldo E-Toll Card di ATM yaitu:

  • Memasukkan kartu debit ke mesin ATM.
  • Pilihlah menu pembayaran e-money.
  • Masukkan nominal angka yang akan diisikan ke e-money.
  • Kemudian tempelkan kartu E-Tool atau e-money Anda pada reader mesin ATM yang telah disediakan.
  • Top Up berhasil.

4. Gerbang Tol

Selain menyediakan kartu E-Toll, beberapa gerbang tol juga menyediakan fasilitas isi ulang saldo E-Toll. Akan tetapi, tidak semua gerbang tol di Indonesia menyediakan fasilitas tersebut. Berikut ini gerbang tol yang menyediakan fasilitas top up:

  • Bekasi Barat
  • Cengkareng
  • Cibubur
  • Cikupa
  • Cileduk
  • Cililitan
  • Dukuh 1
  • Fatmawati 2
  • Halim
  • Joglo
  • Lenteng Agung
  • Meruya Selatan
  • Pasar Rebo
  • Pondok Aren (arah BSD)
  • Pondok Pinang
  • Pondok Ranji
  • Ramp Cikupa
  • Salatiga
  • Serang Timur
  • Ungaran.

5. Halte Transjakarta

Kartu E-Toll juga dapat digunakan untuk membayar bussway. Oleh sebab itu, di halte transjakarta juga menyediakan fasilitas isi ulang saldo E-Toll Card. Untuk melakukan isi ulang si halte transjakarta biasanya akan dikenakan biaya administrasi dengan nominal Rp 2.000,-.

6. Loket Stasiun KRL

Selain halte transjakarta, loket stasiun KRL juga menyediakan fasilitas isi ulang kartu E-Toll.

Demikian tadi informasi lengkap seputar cara mendapatkan E-Toll Card baru dan isi ulangnya yang akan memudahkan transaksi Anda di gerbang tol. Pembuatannya sangat mudah dan praktis. Buat Anda yang belum memilikinya langsung saja datang ke outelet terdekat, dengan uang Rp 100.000,- sudah bisa menikmati kemudahannya.

Tinggalkan komentar