Cara Beli Kartu E-Toll dan Dimana Tempatnya?

Cara Beli Kartu E-Toll dan Dimana Tempatnya?

BukaBank.com – Sejak Oktober 2017, seluruh pengendara yang bakal melintasi jalan tol diwajibkan untuk menggunakan e-toll sebagai alat pembayaran masuk tol. Tapi meskipun sudah diumumkan jauh sebelum bulan Oktober, kenyataannya masih banyak pengguna tol yang belum menggunakan uang elektronik. Sehingga Pemerintah memberikan program kartu e-toll gratis yang diperuntukan bagi pengendera yang masih belum menggunakan e-toll. Di bawah akan dijelaskan cara beli kartu e-Toll dan dimana tempatnya untuk membeli kartu masuk GTO terbaru.

Advertisement

Pemerintah Sempat Melakukan Bagi-bagi Kartu E-Toll Gratis di Gerbang Tol  Hingga Akhir Oktober 2017

Program ini berlaku di seluruh tol di Indonesia demi meningkatkan efisiensi pembayaran non-tunai. Tentu ini memudahkan sistem transaksi antara pengemudi yang tidak perlu repot menyiapkan uang tunai dan penjaga gardu tol yang tidak perlu mencari uang kembalian. Sehingga dengan pembayaran seperti ini bisa mengurangi antrian panjang saat pembayaran tol. Demi menuntaskan program ini, pemerintah memberikan lebih dari 1 juta kartu e-toll gratis yang disebar di seluruh gerbang tol di Indonesia.

Sejuta Kartu E-Toll Gratis untuk Pelanggan Baru

Cara Mendapatkan Kartu E-Toll Gratis untuk Pelanggan Baru

Sejak 16 Oktober 2017 lalu, Pemerintah secara resmi mengeluarkan 1,5 juta kartu e-toll gratis yang dibagikan hanya di gerbang tol yang tersebar di seluruh Indonesia. Biasanya pengguna tol akan dikenakan biaya Rp 20 ribu untuk pembuatan e-toll, namun dengan program ini Anda hanya perlu membayar saldo saja. Tujuan utama program ini adalah agar secara serentak mulai bulan November 2017 seluruh pengguna tol sudah tidak menggunakan uang tunai lagi.

Perlu menjadi catatan bahwa program tersebut tidak berlaku untuk pembuatan kartu e-toll di bank-bank atau minimarket, hanya khusus untuk gerbang tol yang secara tepatnya di GT semi otomatis yang ada petugas gardu yang berjaga.

Ternyata program kartu e-toll gratis ini cukup menarik bagi pengguna tol yang dibuktikan dari banyaknya pengguna tol yang menanyakan kartu gratis tersebut kepada petugas jaga. Sayangnya, setiap gradu tol diberikan kuota kartu e-toll.

Kartu e-toll yang bisa Anda buat di gerbang tol ini tersedia dari beberapa macam bank yang mengeluarkannya. Bank-bank tersebut meliputi:

Cara membelinya cukup mudah, yaitu Anda hanya perlu meminta kepada petugas gardu tol untuk membuatkan kartu e-toll dengan saldo minimal yang harus Anda bayarkan sebesar Rp 50 ribu. Biasanya jika Anda buat kartu e-toll di bank atau minimarket akan dikenakan biaya sebesar Rp 10 – Rp12 ribu.

Nah, kalau Anda masih belum punya kartu ini, baiknya segera mengurus karena toll di seluruh Indonesia sudah tidak menerima pembayaran tunai lagi. Jangan lupa juga cek saldonya agar saat pembayaran toll Anda tidak ribet.

Cara Beli Kartu e-Toll dan Dimana Tempatnya?

Cara Beli Kartu e-Toll dan Dimana Tempatnya untuk Membeli e Toll Card Baru

Selain di gerbang tol, Anda juga bisa mendapatkan kartu e-toll di beberapa bank yang menyediakan kartu tersebut.  Berikut ini beberapa tempat selain gerbang tol yang bisa Anda gunakan untuk membeli kartu e-toll:

Bank Penerbit E-Money

Beberapa bank yang menyediakan fasilitas e-money antara lain Bank Mandiri, BNI, BRI, BCA dan BTN. Anda hanya perlu datang ke bank dan menanyakan pembuatan kartu e-toll kepada customer service yang bertugas.

Kantor Gerbang Operator Tol

Anda bisa langsung datang ke kantor gerbang tol terdekat untuk membeli kartu e-toll

Minimarket (Indomaret dan Alfamart)

Anda juga bisa mendapatkan kartu e-toll melalui minimarket seperti Alfamart, Indomaret, Alfamidi, Lawson dan Circle K.

 Baca juga: Cara Membuat Kartu E-Toll Mandiri, BRI dan BNI yang Praktis dan Aman.

Itulah cara beli kartu e-toll dan dimana tempatnya yang tersedia di seluruh wilayah di Indonesia yang ada jalan tol-nya.