Home » Kartu ATM » Mengapa ATM Tertulis Melampaui Batas? Ini Penjelasannya

Mengapa ATM Tertulis Melampaui Batas? Ini Penjelasannya

BukaBank.com – Mengapa ATM tertulis melampaui batas ketika sedang memasukkan PIN ATM? biasanya ini terjadi pada mesin ATM BRI. Baik untuk kartu BRI maupun kartu ATM BRI Syariah. Bahkan, padahal PIN ATM benar namun tetap muncul pesan melampau batas dan disuruh ambil kartu ATM dari mesin.

Advertisement

Jika anda salah satu yang sedang mengalami masalah seperti salah PIN ATM melampau batas 3x. Tidak perlu khawatir dan panik. Tenangkan hati, pikiran dan diri anda. Kemudian coba ikuti beberapa penjelasan pada halaman ini.

Sebagai gambaran, kasus seperti ini tidak jarang terjadi. Sebagai contoh, ketika anda memasukkan kartu ATM dan menginpukan nomor kode PIN yang yakin benar, tapi dianggap salah oleh mesin ATM. Kemudian, anda diminta untuk memasukan lagi PIN ATM untuk kedua kalinya dan masih salah.

Salah PIN Telah Melampaui Batas Silakan Ambil Kartu Anda

Begitu tiga kali “dianggap” salah mengisi PIN ATM akan otomatis terblokir. Dilanjutkan dengan tulisan Salah PIN Telah Melampau Batas, Silakan Ambil Kartu Anda.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Keyboard BCA di HP Android Anda

Mengapa ATM Tertulis Melampaui Batas?

Seperti dijelaskan diatas, jika anda YAKIN bahwa anda sudah benar telah memasukkan PIN yang BENAR. Maka kemungkinan besar yang terjadi adalah PIN anda kadaluarsa atau dimohon untuk ganti PIN. Misalnya ketika sistem dahulu yang memakai PIN 4 digit, dan sistem ATM sekarang yang wajib 6 digit, contohnya.

Namun, baik karena kesalahan sendiri maupun kesalahan sistem, ketika layar ATM muncul “melampau batas”, artinya kartu ATM anda pun telah terblokir.

Anda tidak perlu khawatir mengenai uang di dalam tabungan atau rekening anda. Karena tidak terjadi pengurangan ataupun transaksi apapun selama anda gagal memasukkan PIN ATM seperti ini.

Solusi ATM Tertulis Melampaui Batas

Telepon Call Center

Sebagai solusi awal, anda bisa menghubungi call center bank terkait kartu ATM anda. Umumnya nomor telepon pusat bank ini tertulis pula pada mesin ATM-nya.

Jika memungkinkan, anda bisa langsung membuka blokir kartu ATM melalui telepon ini saja. Tentunya sang CS bank akan menanyakan beberapa pertanyaan keamanan seputar data pribadi anda. Hal ini untuk memastikan bahwa anda benar-benar pemilik kartu ATM yang bermasalah.

Datang ke Kantor Cabang

Solusi terakhir adalah datanglah ke kantor bank terdekat di daerah anda. Ceritakan masalah yang anda alami tentang salah PIN ATM dan melampaui batas, hingga ATM terblokir otomatis.

Umumnya akan dikenakan biaya ganti kartu ATM beserta pembuatan nomer PIN ATM baru sebesar Rp 5.000.

Sebagai info tambahan, baca juga Kartu ATM Keblokir? Pakai Cara Ini Untuk Mengatasi ATM Terblokir.

Sebaiknya, sebelum anda benar-benar meninggalkan kantor cabang BANK, pastikan anda dapat menggunakan PIN ATM baru di mesin ATM. Mintalah kepada petugas bank atau petugas keamanan (satpam) untuk menemani anda ke mesin ATM. Tujuannya agar petugas tahu, apakah PIN ATM dan kartu ATM sudah bisa digunakan atau tetap dianggap salah.

Hal di atas bertujuan agar anda tidak lagi dikenakan biaya penggantian kartu nantinya apabila memang kartu ATM akhirnya diblokir otomatis lagi.

Sepertinya demikianlah informasi dan penjelasan untuk pertanyaan mengapa ATM tertulis telah melampaui batas dan kartu tidak bisa digunakan.

Tinggalkan komentar

8 + 10 =