Home » BRI » Cara Transfer Bank BRI ke Bank Lain Melalui Mesin ATM dan m-Banking

Cara Transfer Bank BRI ke Bank Lain Melalui Mesin ATM dan m-Banking

BukaBank.com – Transfer tidak hanya dapat dilakukan pada kantor bank, tetapi juga bisa melalui mesin ATM, e-Banking dan m-Banking. Fasilitas tersebut telah disediakan oleh setiap bank baik itu bank BUMN maupun bank swasta. Transfer tidak hanya dapat dilakukan untuk rekening dalam bank yang sama, tetapi juga terhadap bank lain dengan membayar biaya administrasi. Oleh sebab itu, kita cukup memiliki satu jenis rekening saja dapat melakukan transaksi kemanapun. Beberapa orang mungkin hanya mengetahui cara transfer melalui teller bank. Oleh sebab itu, kami merangkumkan cara transfer bank BRI ke bank lain melalui mesin ATM dan m-Banking untuk memudahkan transaksi Anda.

Advertisement

Cara Transfer Bank BRI ke Bank Lain Melalui Mesin ATM

Transfer dapat dilakukan melalui mesin ATM BRI, ATM Bersama maupun ATM Link. Cara melakukan transfer dari rekening BRI ke bank lain melalui mesin ATM sangatlah mudah. Transfer antar bank akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 6.500,-.

Cara Transfer Bank BRI ke Bank Lain Melalui Mesin ATM

Berikut ini kami rangkumkan cara selengkapnya untuk Anda:

  1. Hal pertama yang harus dilakukan tentunya memasukkan kartu ATM BRI di mesin ATM.
  2. Memasukkan PIN kartu ATM anda.
  3. Akan muncul berbagai pilihan menu utama dan pilihlan menu transaksi lainnya.
  4. Selanjutnya silahkan memilih menu tranfer, maka akan muncul permintaan untuk memilih rekening bank tujuan. Karena kita akan melakukan transfer ke bank lain maka pilihlah jenis bank lain.
  5. Anda akan diminta memasukkan kode bank dan nomor rekening tujuan.

INFO: Kode bank tidak sama untuk setiap bank. Jika Anda sudah tahu kode bank rekening tujuan, maka langsung masukkan kodenya yang berisi 3 digit angka. Apabila tidak mengetahui kodenya, dapat dilihat pada mesin Atm dengan memilih menu kode bank pada layar monitor untuk mengetahui: kode bank di Indonesia baik BUMN maupun swasta.

  1. Jika Anda sudah mendapatkan kode bank tujuan Anda maka pilihlah kembali/back untuk kembali ke halaman sebelumnya.
  2. Apabila kode bank dan nomor rekening yang dimasukkan masih tidak dapat memenuhi tempat yang disediakan maka tidak perlu diisi angka lagi karena setiap bank memiliki jumlah digit yang berbeda-beda pada nomor rekeningnya. Contohnya yaitu 008123456123456, dimana angka 008 adalah kode bank Mandiri.
  3. Tekanlah tombol Ya jika sudah benar. Apabila ada kesalahan pada saat memasukkan nomor, dapat dihapus dengan menekan tombol Clear dan memasukkan ulang nilai yang benar.
  4. Masukkan jumlah uang yang akan ditransfer. Jika sudah sesuai dan benar maka tekan Ya. Maka akan diminta memasukkan kode referensi. Kode referensi dapat diisi bebas atau dikosongkan karena bersifat opsional.
  5. Setelah itu akan muncul informasi terkait dengan identitas penerima uang dan nominal uang yang dikirimkan pada layar monitor. Tekan Ya jika sudah benar.
  6. Tunggulah prosesnya untuk beberapa saat dan sampai muncul tulisan yang menyatakan bahwa transaksi yang dilakukan telah berhasil. Setelah itu, akan muncul nomor resi pengiriman pada kertas dari mesin ATM.
  7. Setelah itu tekan keluar jika Anda tidak ingin melakukan transaksi lagi. Jangan lupa untuk mengambil kartu ATM dari mesin.

Baca juga: Cara Membuat Rekening BRI Online dari Rumah Saja

Cara Transfer Bank BRI ke Bank Lain Melalui m-Banking

Cara Transfer SMS Banking BRI dan BRI Syariah

Transfer melalui sms banking (m-Banking) sangatlah sederhana dan fleksibel. Transfer dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun asalkan kondisi hp tidak mati. Satu hal lagi yang perlu diperhatikan yaitu nomor yang digunakan dalam m-Banking harus memiliki pulsa karena transaksi ini akan menyedot pulsa Anda.

Cara transfer BRI ke bank lain lewat SMS cukup mudah hanya perlu mengirim sms ke 3300. Hal yang perlu diperhatikan disini yaitu format smsnya yaitu:

TRANSFER<spasi>kode bank+nomor rekening tujuan<spasi>nominal<spasi>PIN

Kode bank yang digunakan sama dengan kode bank ketika melakukan transfer melalui ATM. Jika Anda masih tidak tahu dapat mencarinya di halaman Kode Bank Lengkap. Contoh transfer melalui m-Banking yaitu dengan mengirim sms TRANSFER 0081122334455 100000 111333. Anda akan dikenakan biaya untuk administrasi sebesar Rp 6.500,- dan pulsa menyesuaikan jaringan yang digunakan.

Itulah tadi informasi lengkap terkait cara transfer Bank BRI ke bank lain melalui mesin ATM dan m-Banking secara lengkap.  Prosedurnya cukup mudah untuk dipahami dan cepat. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda.