Syarat dan Cara Daftar Internet Banking Mandiri

Syarat dan Cara Daftar Internet Banking Mandiri

BukaBank.com – Internet banking Mandiri atau iB Mandiri merupakan salah satu pilihan cerdas untuk segala kebutuhan perbankan nasabah. Bagaimana tidak, hampir semua aktivitas perbankan seperti transfer uang, belanja online hingga membayar tagihan bulanan dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Anda tak perlu lagi pergi ke bank untuk melakukan berbagai aktivitas tersebut. Semua kemudahan tersebut bisa Anda dapatkan setelah mendaftarkan rekening yang dimiliki. Cara daftar internet banking Mandiri juga terbilang mudah. Yang paling penting, Anda harus memenuhi semua persyaratan dan prosedur pendaftaran yang diajukan. Berikut informasinya.

Advertisement

Syarat Daftar Internet Banking Mandiri Baru

Syarat dan Cara Daftar Internet Banking Mandiri Baru

Sebelum mengetahui langkah atau cara daftar internet banking Mandiri, terlebih dahulu Anda harus memenuhi beberapa syarat yang diajukan. Syarat-syarat tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1.Anda harus sudah terdaftar sebagai nasabah bank Mandiri

Segala fasilitas banking Mandiri hanya dapat diakses oleh nasabah yang sudah terdaftar di bank Mandiri. Oleh karena itu, sebelum mendaftar internet banking, tentu Anda harus membuat rekening Mandiri terlebih dahulu.

Baca saja: Syarat, Prosedur, Cara Membuat Rekening Mandiri.

2.Buku tabungan

Buku tabungan merupakan bukti jika Anda sudah memiliki rekening di bank Mandiri. Saat melakukan aktivasi internet banking Mnadiri, bawa buku tabungan tersebut.

3.Kartu identitas

Sebagai bukti Anda adalah pemilik buku tabungan, tentu harus membawa serta kartu identitas yang valid. Dapat berupa KTP, SIM atau mungkin paspor yang masih berlaku.

4.Surat kuasa

Jika Anda ingin mendaftar internet banking Mandiri atas nama suatu badan usaha atau organisasi, maka jangan lupa untuk membawa surat kuasa. Surat kuasa tersebut berisikan pernyataan jika Anda adalah wakil yang sah dari perusahaan untuk mengurus persoalan perbankan di Mandiri.

Langkah atau cara daftar internet banking Mandiri

Cara daftar internet banking Mandiri terdiri dari 3 (tiga) tahapan utama, yaitu (1). Daftar melalui mesin ATM, (2). Lakukan aktivasi dan (3). Membeli token PIN untuk bisa melakukan transfer secara online.

Tahapan pertama yaitu proses pendaftaran, Anda bisa langsung datang ke akntor cabang bank Mandiri terdekat atau bisa juga dengan cara yang lebih praktis dengan mendatangi mesin ATM.

Jika menggunakan mesin ATM, cara daftar internet banking Mandiri lewat ATM adalah sebagai berikut.

  1. Pertama, masukkan kartu debit ke mesin ATM kemudian tekan PIN Anda.
  2. Pilih “Transaksi lainnya” pada menu utama, kemudian lanjutkan dengan menekan “E-banking”, dilanjutkan dengan “Internet Banking”.
  3. Setelahnya, masukkan PIN yang terdiri dari 6 digit. PIN ini akan digunakan untuk membuat akun internet banking Anda.
  4. Setelah selesai, tekan “Benar” kemudian masukkan PIN yang tadi Anda masukkan sekali lagi. Tekan “Benar” untuk yang kedua kalinya.
  5. Jika pendaftaran sudah berhasil, maka akan muncul tulisan yang menyatakan pendaftaran berhasil di layar ATM tersebut. Struk sebagai bukti pendaftaran akan muncul setelahnya.

Setelah berhasil mendaftar melalui mesin ATM, langkah atau cara daftar internet banking Mandiri selanjutnya yaitu melakukan aktivasi.

Cara Aktivasi Internet Bank Mandiri

Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Sebelum membuka aplikasi internet di laptop atau smartphone, pastikan koneksi internetAnda sudah lancar.
  2. Setelah itu, masuk ke laman ib.bankmandiri.co.id kemudian klik pilihan “pengguna baru/registrasi ulang”
  3. Setelah selesai membaca semua syarat dan ketentuan dari Mandiri internet, klik “Setuju”.
  4. Masukkan 16 digit nomor kartu debit Anda pada kolom “Access ID”. Namun, apabila Anda menggunakan alamat email untuk melakukan pendaftaran, masukkan access ID yang telah dikirimkan ke alamat email tersebut.
  5. Kemudian masukkan 6 angka yang Anda gunakan saat melakukan pendaftaran di mesin ATM tadi pada kolom “Access Code”.
  6. Setelah klik “Aktifkan”, kolom user ID dan password akan muncul.
  7. Masukkan user ID yang Anda inginkan beserta dengan passwordnya. Pastikan Anda ingat dengan user ID dan password tersebut, karena ini akan digunakan tiap kali Anda masuk ke akun internet banking.

Setelah melakukan aktivasi, sebenarnya Anda sudah bisa masuk ke akun dan melakukan beberapa kegiatan mengecek  jumlah saldo serta mutasi yang terjadi.

Namun untuk beberapa kegiatan lain seperti transfer, belanja online atau bayar tagihan listrik, belum bisa Anda lakukan.

Untuk itu, cara daftar internet banking Mandiri masih terdiri dari satu tahapan lagi. Tahapan tersebut yaitu membeli Token PIN.

Tips Mendapatkan Token Bank Mandiri

Cara Mendapatkan Token Bank Mandiri

Berikut adalah caranya:

  • Sebelum datang ke kantor bank Mandiri, siapkan terlbih dahulu beberapa syrata yang diperlukan, seperti buku tabungan, kartu identitas dan surat kuasa jika Anda sebagai wakil badan usaha atau suatu organisasi.
  • Isi formulir pendaftaran Token PIN yang telah diberikan oleh petugas.
  • Setelah itu, lakukan pembayaran Token senilai Rp 20.000.
  • Setelahnya, lakukan aktivasi melalui akun internet banking Anda.
  • Pada saat masuk ke akun internet banking, Anda akan menemukan menu “Administrasi”, pilih menu tersebut kemudian pilih “Aktivasi Token PIN Mandiri”.
  • Setelah itu, tekan tombol merah di Token PIN Anda. Masukkan 6 digit PIN token yang Anda miliki.
  • Di bagian layar, kemudian akan muncul tulisan “Appli-“, tekan angka 2 kemudian layar tersebut akan memunculkan 6 digit angka.
  • Gunakan 6 angka tersebut dengan memasukkannya ke laman internet banking Anda, kemudian pilih “Benar”
  • Pengaturan Token Anda pun sudah selesai.

Dengan melakukan aktivasi Token tersebut berarti cara daftar internet banking Mandiri Anda sudah selesai. Dengan begitu segala fasilitas transaksi online, seperti transfer, melakukan pembayaran tagihan listrik, tagihan bulanan, hingga pengaturan direct debit agar proses belanja di online merchant lebih gampang sudah dapat Anda nikmati.

Baca juga artikel seputar Cara Daftar dan Aktivasi Mobile Banking Mandiri.